Rekomendasi Film Korea yang Patut Kamu Tonton

Yeah, I’m back back back back!!! onion_msn_smilies-22

Whohoho~ nggak tahu nih, malem ini gue jadi niat banget buat posting sesuatu di blog. Efek abis baca blognya orang kali ya? Jadi sadar deh guenya kalo udah nelantarin blog semata wayang.

Kali ini gue nggak tahu kesambet jin ifrid jenis apa lagi, yang jelas gue lagi pengen share tentang film-film korea, khusunya yang pernah gue tonton, dan gue yakin beberapa atau sebagian besar diantara kalian juga pernah nonton film-film korea ini.

Ihhhh film korea?

Pasti isinya nangis-nangisan mulu….

Pasti isinya cinta-cintaan mulu….

Grrr… kalo itu yang ada dibenak kalian, yah saya selaku manusia biasa nggak bisa berbuat apa-apa. Komentar-komentar yang begituan bener kok, film atau drama korea emang identik sama adengan yang menguras air mata sampe ini bola mata rasanya melompong kayak bola pimpong atau adegan-adegan romatis yang cocuit beud sampe bisa bikin diabetes.

Tapi, bukan berarti film-film yang mellow gitu nggak asik kan? Yah, mungkin karena gue cewe jadi gue suka genre yang beginian, tapi gue kasih tahu ya, orang korea itu kalo bikin film atau drama total banget. Kalo mengharukan bisa sampe bikin bola mata lo kering, kalo romantis ya bisa bikin muka lo salah urat gara-gara kebanyakan senyum.

Meskipun korea jagonya bikin film yang begituan, tapi bukan berarti di korea nggak ada film bergenre lain kan? Ada buanyaaakk banget, cuma nggak seterkenal film-film yang genrenya mellow.

Kenapa sih gue nyerocos masalah mellow-mellowan? Soalnya film-film yang bakalan gue share (dan gue rekomendasikan juga buat yang belum nonton) rata-rata genrenya begitu. Sooooo, buat yang nggak suka film-film cengeng, ke empang aja sono!

          1. A Long Visit aka My Mom

mother-koreanMovie2010

Demi Allah dan Rosul-Rosulnya ini film korea paling nyesek, paling boros air mata, paling nusuk kalbu yang pernah gue tonton sampe saat ini. Makanya gue tampilin di list pertama. Dari judulnya aja udah keliatan banget kalo film ini inti ceritanya adalah tentang hubungan ibu dan anak.

Film yang dirilis tahun 2010 ini bercerita tentang seorang ibu (Kim Hae Sook) yang punya kasih sayang tanpa ujung buat putrinya yang bernama Jisook (Park Jin Hee). Emang kesannya biasa banget ya? Soalnya kita udah sering denger atau menyaksikan tayangan-tayangan yang bertemakan kasih ibu. Tapi yang ini beda, ceritanya natural banget. Sosok ibu disini nggak dibuat lebay banget yang misalnya kalo tau anaknya kena demam berdarah bisa nangis meraung-raung. Enggak. Sosok ibu disini ya ibu yang seperti kita temui dirumah.

Cerita dimulai dengan menampilkan seorang wanita dewasa (Park Jin Hee) yang sedang dalam duduk dalam kereta menempuh perjalanan ke kampung halamannya. Sewaktu di kereta, Ji Sook mulai terkenang dengan kehidupan masa kecilnya. Bagaimana sang ibu menyayangi Ji Sook dengan cara yang bahkan nggak pernah dia pikirkan (kamvret, gue jadi pengen nangis pas nulis ini). Dan kalo kamu tertarik buat nonton film ini, please, please nonton sampe ahir dan sediain tissue, karena ending film ini beracun banget. Bisa bikin galau 7 hari 7 malam, apalagi buat yang durhaka ama orang tuanya. Beuh, siap-siap nompo hidayah.

2. Harmony

972256421px-harmony-p23

Film ini juga dirilis tahun 2010. Kesannya agak mirip sama My Mom, soalnya disini diceritakan tentang hubungan ibu dan anak juga. Cuma bedanya, di film Harmony ini sosok ibu yang ditampilkan adalah tahanan wanita disebuah penjara.

Jujur gue agak gimana gitu pas nonton film ini. Gue yakin selama ini yang ada di otak kita kalo denger kata napi pasti ; kasar, jahat, pendosa, brutal, nggak manusiawi, nggak punya hati, edan. Nggak, nggak salah kok, soalnya selama ini di setiap sinetron indonesia yang ada karakter narapidananya emang digambarin begitu. Jadilah opini seperti itu yang terbentuk.

Napi juga manusia. Napi wanita tetap seorang wanita. Itulah yang mau disampaikan di film ini.

Kisah akan dimulai dari Hong Jeong Hye (Kim Yun Jin) yang melahirkan seorang bayi laki-laki bernama Min Woo di penjara. Kehidupan Jeong Hye dan Min Woo baik-baik saja, meskipun mereka tinggal di sel (yang nggak senormalnya, apalagi untuk bayi) mereka nggak pernah kehilangan keceriaan. Ditambah lagi para member lain di dalam sel tersebut yang semuanya sayang sama Min Woo. Tapi pada ahirnya Min Woo nanti harus diadopsi, karena nggak mungkin dia harus tinggal terus-terusan di penjara.

Jong Hye dan kawan-kawan sendiri dikisahkan membentuk sebuah paduan suara di penjara guna merubah kehidupan napi wanita disana. Tapi perjuangan untuk membentuk padus ini ternyata sangat sulit, selain menghadapi lampu merah dari kepala Lapas, para napi wanita ini pada dasarnya juga nggak punya bakat musik. Nol besar.

Tapi untung ada Moon Ok ( Na Moon Hee), seorang napi senior yang udah lansia yang ternyata dulunya adalah seorang professor musik. Tentang bagaimana Jeong Hye, Moon Ok dan yang lainnya masuk penjara, akan dikisahkan sendiri (lo nggak ngarepin gue ketikin semua kan? Iya kan?! Oke good), yang jelas lo bakalan cengo deh pas tahu alasan mereka masuk penjara. Dan seketika kita akan sadar bahwa hukum terkadang cuma bullshit yang nyatanya belum bisa mengadili secara adil. Ups.

3. The Way Home

220px-The_Way_Home_film

Mungkin udah banyak yang tahu tentang film ini, secara bro ini film rilisnya tahun 2002. 11 tahun yang lalu dan baru gue omongin sekarang. Ck. Tapi gapapalah, buat ngerefresh ingatan kita aja, sekalian siapa tahu ada yang belum pernah nonton.

Kalo 2 film diatas mengisahkan tentang kasih sayang ibu, lain ceritanya dengan film ini. The Way Home mengangkat tema tentang kasih sayang nenek. Hmmm… apa yang kalian pikirin kalo inget tentang nenek? Kalo gue sih berhubung sering dimanja ama nenek gue, jadi menurut gue sosok nenek itu sosok yang hangat dan penuh kasih sayang yang berasa beda sama kasih sayang orang tua. Aduh gue ngomong apa sih .____.

Cerita bermula ketika Sang Woo (Yeo Sung Ho) dititipkan ke neneknya oleh sang ibu. Masalahnya si nenek ini rumahnya dipelosoooookkkk banget. Nggak ada listrik, nggak ada tv, bahkan nggak ada wc. Duh ribet deh pokoknya buat anak kota macam Sang Woo. Si nenek ini juga ternyata nggak bisa ngomong, jadi kalo berkomunikasi sama cucunya dia cuma pake bahasa isyarat aja.

Daaaann kutu kupret emang si Sang Woo, ada aja tingkahnya yang bikin geregetan, dan ujung-ujungnya pasti nyusahin neneknya yang udah tua. Contohnya pas neneknya nawarin makan, si Sang Woo ngerengek minta ayam goreng Kentucky sambil nunjukin gambar ayam ke neneknya. Sang nenek yang udah tua dan dari orok hidup didesa, salah presepsi sama apa yang dimaksud cucunya. Dia ahirnya menjual harta simpananya buat ngebeli ayam hidup, terus dimasak jadi ayam rebus. Alhasil murka deh si cucu.

Ada banyaaak banget adegan di film ini yang bikin kita ngelus dodo. Sang Woo yang selalu nyusahin neneknya dan sang nenek yang dengan sikap super sabarnya menghadapi Sang Woo pastinya jadi daya tarik utama film ini. Buat yang masih punya nenek, dan mungkin… mungkin nih mungkin kurang ngehargain eksistensi sang nenek boleh deh nonton film ini. Biar pada melek, biar nggak jadi cucu durhaka lagi. Hahaha.

4. Wedding Dress

1326700997165551742

Satu lagi nih film keluaran 2010. Kayaknya tahun 2010 emang tahunnya film mellow ya? Hahaha. *krik krik*. *ehem*. Abaikan.

Meskipun ini judulnya wedding dress, tapi ini nggak ada hubungannya ama nganten sama sekali. Film ini (lagi-lagi) adalah film yang menceritakan hubungan ibu-anak. Emang ya, kalo dipikir-pikir, banyak hal yang bisa dieksplorasi dari hubungan orang tua dengan anak. Jadi gue nggak heran kalo banyak banget film kayak gini. Lagian gue suka. Daripada nonton sinetron yang tayangnya ampe kiamat? Duh makasih…

Film ini bercerita tentang So Ra ( Kim Hyang Ki) seorang anak yang agak keras kepala dan yaaahh bisa dikatakan dewasa sebelum waktunya. Hal itu terjadi karena sang ibu adalah seorang workaholic yang jarang meluangkan waktu untuk puterinya.

Ibu So Ra (Song Yeon Ah) adalah seorang single parent yang berpofesi sebagai perancang busana. Sebenarnya dia sayang banget sama So Ra, cuma karena kesibukannya dia nggak bisa meluangkan lebih banyak waktu. Sampai pada suatu hari ia menerima vonis kanker lambung stadium ahir. Hal ini membuat kondisi fisiknya makin lemah. Nggak mau menyia-nyiakan waktu, sang ibu pun ahirnya memutuskan untuk lebih menikmati hidupnya bersama So Ra. Pada awalnya So Ra nggak tahu kalo ibunya sakit, tapi karena dia anak yang cerdas dengan segera dia sadar akan kondisi ibunya, akan tetapi So Ra tetep pura-pura nggak tahu supaya ibunya nggak sedih.

Ada satu bagian dari film ini yang aaaaakkkhhhh bikin nangis bombayjahekunyitkencur. Yaitu bagian dimana saat keadaan ibu So Ra semakin parah dan dia dirawat dirumah sakit. Dirumah sakit itu pada suatu malam (malam terahirnya So Ra sama ibunya) dari sebuah radio terdengar sang penyiar membacakan kartu ucapan yang dikirimkan pendengar. Salah satunya dari So Ra, isinya ;

Ibu sayang

Aku senang sekali menjadi puterimu

Maaf, aku mengeluh soal masakanmu yang tak enak

Dan juga karena kau terlalu sibuk sehingga tak bisa main denganku

Tapi kau yang paling kucintai di dunia ini

Ibu, kau sakit?

Biar aku saja yang menggantikanmu

Ibu, aku akan cuci piring dan membersihkan kamar. Juga memasak

Ibu tak perlu bekerja lagi.

Bisakah ibu tinggal bersamaku selamanya?

Ibu…

Kau adalah yang terbaik

Aku menyayangimu

(jangan nangis, jangan nangis, jangan nangis please…)

Oh iya, mungkin ada yang bertanya-tanya ; “terus apa hubungannya kisah ini sama baju pengantin?”. Well, seperti udah gue sampaikan sebelumnya ibunya So Ra adalah seorang perancang busana. Ternyata ketika sakit parah, sang ibu masih sempat-sempatnya mendesign gaun pengantin untuk dikenakan So Ra saat ia menikah kelak. Duh… tisu mana tisu. m033

 5. Werewolf Boy

a_werewolf_boy-p2

Nah nah nah…. Gue yakin kalo yang ini pasti udah banyak yang tahu. Yoeehh secara main actornya Song Joong Ki gitu! Flower boy paling bahaya seantero Korea karena dimesemin sama orang ini aja lo bisa mendadak kena diabetes. onion_gifs_emoticons-20

Werewolf Boy bercerita tentang Soon Hee (Park Bo Young) yang baru aja pindah rumah sama ibu dan adik perempuannya. Rumah itu dulunya milik seorang professor yang “aneh”nya memelihara banyak srigala. Tapi setelah professor itu meninggal, keberadaan srigala-srigala itu nggak diketahui.

Suatu pagi, pas lagi jemurin baju Soon Hee nggak sengaja melihat sesosok mahluk mirip manusia (tapi agak meragukan) dibawah tumpukan kayu. Sosok itu mengingatkan Soon Hee pada mahluk yang pernah ditemuinya di kandang srigala suatu malam. Ternyata sosok yang kata gue agak meragukan itu adalah Cheol Soo (Song Joong Ki). Penampilan Cheol Soo memprihatikan banget deh waktu itu. Bajunya kayak gembel, rambutnya kayak sarang emprit, badannya kotor, duh… untung mukanya tetep ganteng .____. hehe. Ibu Soon Hee yang merasa kasihan dengan Cheol Soo ahirnya memutuskan untuk merawatnya seperti anaknya sendiri

Pada awalnya Cheol Soo nggak bisa ngelakuin apapun dengan benar. Tingkahnya bener-bener kayak hewan. Tapi karena Soon Hee dengan sabar ngelatih dia, ahirnya sedikit-demi sedikit Cheol Soo belajar tentang segala hal. Mulai dari cara makan yang benar, menulis, menyikat gigi, mencuci tangan, berinteraksi dengan orang lain, dsb.

Nggak disangka kebersamaan Cheol Soo dan Soon Hee ahirnya menumbuhkan benih-benih centong diantara mereka (tzaaaah), cuma hal itu nggak disadari oleh keduanya. Terlebih lagi Cheol Soo nggak bisa ngomong dan Soon Hee punya tunangan super licik yang pengen nyingkirin Cheol Soo melulu.

Menurut gue, part yang mengharukan dari film ini adalah saat dimana Soon Hee pergi ninggalin Cheol Soo. Sebenernya itu demi kebaikan Cheol Soo sendiri, Soon Hee takut kalau Cheol Soo tetap bersamanya hidupnya nggak akan aman (kenapa? Tonton aja filmnya sendiri :p). Tapi oh tetapi permirsah setelah 47 tahun, karena sebuah urusan Soon Hee dan cucunya harus balik lagi sebentar ke rumah itu. Suatu malam, entah karena rasa penasaran atau rasa rindu Soon Hee mendatangi kandang srigala tempat dimana dia bertemu Cheol Soo untuk pertama kalinya. Dan apa yang terjadi berikutnya? Ternyata Cheol Soo masih disana! Dia setia nungguin Soon Hee selama 47 tahun ditempat yang sama. Meskipun sosok Soon Hee berubah menjadi wanita tua sedangkan Cheol Soo tetap dengan sosoknya yang dulu (yaiyalah, namanya juga siluman) cintanya pada Soon Hee nggak berubah. Heuheuheu~

6. As One

As One

Mungkin diantara semua film yang gue rekomendasikan buat ditonton, As One ini yang paling beda. Uummm ya tetep drama sih, tetep mellow, cuma yang ini bisa bikin tersentuh dengan rasa yang berbeda.

As One adalah film yang diangkat dari kisah nyata. Film yang rilis tahun 2012 ini menceritakan hal yang oleh tim produksinya disebut sebagai “keajaiban kecil yang pernah terjadi pada kita dimasa lalu”. Yang dimaksud keajaiban disini adalah bersatunya Korea Utara dan Korea Selatan untuk menghadapi turnamen tenis meja dunia. Whohoho~ nggak nyangka kan? Negara yang udah bertahun-tahun perang saudara gitu bisa tiba-tiba akur gara-gara tenis meja.

Film ini berkisah seputar perjuangan tim Utara dan Selatan yang bernaung dalam satu nama ; Korea untuk mengharumkan nama Negara mereka di turnamen tenis meja dunia ke 41 yang diadakan di Chiba, Jepang. Pada awalnya rencana ini dibuat untuk menyatukan pemain andalan Korea Selatan, Hyeon Jeong Hwa (Ha Ji Won) dan unggulan Korea Utara, Lee Boon Hee (Bae Doo Na) supaya Korea bisa menang melawan musuh bebuyutan mereka, China.

Menggabungkan dua tim yang punya karakter dan ideologi yang berbeda-beda tidaklah mudah. Pertengkaran demi pertengkaran terus saja terjadi, tapi lama-kelamaan kedua tim ini bisa membaur dan bersatu satu sama lain. Klimaks terjadi saat kedua tim ini sudah kompak-kompaknya, tiba-tiba menjelang pertandingan final melawan tim Cina, persatuan Korea terancam dari arah lain. Angin politik berubah lagi dan tiba-tiba ada pengumuman dibuat untuk membubarkan tim Korea. Yang menyentuh disini adalah bagaimana tim Utara dan Selatan saling bahu membahu, mendukung satu sama lain demi tercapainya kemenangan untuk Korea. Biarpun pada awalnya mereka nggak kompak, saling sindir dan lain sebagainya, tapi pada ahirnya sesuatu yang disebut sebagai “keajaiban kecil” itu bener-bener terjadi.

Pas nonton film ini sih gue berharap Korut sama Korsel bisa bersatu beneran. Sedih tahu nggak liat mereka perang melulu. Padahal bahasanya sama, wajahnya sama, kulitnya sama, sejarah dan nenek moyangnya juga sama. Gue juga berharap apa yang terjadi sama Korut dan Korsel sekarang nggak terjadi sama Indonesia. Hahaha bahaya tuh kalo di Indonesia ada perang saudara yang sampe bisa mecah Negara jadi dua.

Oke, sekian dulu dari gue. Ini udah banyak banget dan sumveh capek ngetik ini brow. Buat yang udah pernah nonton film ini kalau mau berbagi pemikiran, monggo tinggalkan jejak di kolom komentar. Buat yang belum pernah, gue saranin buanget nget nget (nget-nya 3 kali) buat nonton. Kalau sampe semua film diatas nggak menyentuh kalian sama sekali, gue saranin buat cangkok hati deh. Mungkin hati kalian udah nggak beres. Ups. Hahaha. Bye. m118

26 thoughts on “Rekomendasi Film Korea yang Patut Kamu Tonton

  1. iya filmx keren2, semuax udh aq tonton kec harmony (wajib d cari neh)
    oy ne jg ada bbrp korean movie yg nggak kalah kerenx xD
    1. 11th mom 2007 (sad)
    2. Antique Bakery 2008 (unique romance)
    3. Hello Ghost 2010 (complit drama, comedy, sad)
    4. Holly Daddy 2006 (complit drama, comedy, sad)
    5. Boy Meets Boy 2008 (romance, short film)
    6. Plump Revolution 2012 (complit romance)
    7. A Tale Of Two Sisters 2004 (mystery)
    8. Bleak Night 2011 (sad)
    9. Blind 2011 (drama, mystery)
    10. Hansel & Gretel 2010 (unique mystery)
    msh byk lg sih yg keren2, tp segini aja deh dlu ^__^

    • Whohoho~ banyak juga, makasih lhoh chingu :D
      Kapan-kapan aku cari deh filmnya, terutama yang “mewek-mewek” hehe…
      A Tale of two sisters aku punya, cuma pas pertama kali nonton agak bingung gitu. Nggak ‘mudeng’ sama ceritanya .____. wkwk

  2. werewolf boy barusan baru aja nontonnya,,
    Ceritanya itu kereenn buanget *lebeyyy :p
    Song Joong ki nya Polos, tapi agak ngeri waktu dia gigit orang,, Hiii
    Ceritanya so Sweet banget waktu si cewek bilang “Aku tak perduli kau seorang monster” Mweeehh,,, meleleh,, :* karakter Wolf nya juga lucu waktu minta dielus-elus :D

    • Nggak kok, kamu ga lebay, emg ceritanya baguuuusss :D hahaha
      Iya, karakternya Joongki disini unyu-unyu tapi nyeremin. Hahaha. Maklum, namanya juga mutan.
      Btw, kalo ada rekomendasi film juga chingu boleh dong share di box komen :D hehe

  3. kya kya kya kya ..
    iseng iseng buka blog kamu buat liat udah balas komentar aku apa belum /plaak/ malah ketemu posting ini ..
    Mimisan tau, kirain ini rec ff ternyata cuman rec film..
    Ini tanggung jawab loh yah? besok aku ulangan sejarah, tapi gak belajar gegara postingan kakak..
    kyaaaaaaa.. nyang wedding dress aku udah nonton 3 kali! dan hasilnya 3 kali nangis! emang deh tuh film bikin mewek wek wek wek (weknya 4 kali) apalagi suratnya si kecil -namanya sapa aku lupa- sumpah deh.. baca ulang tuh surat, malah bikin aku nangis :3
    aku nimbrung rekomendasi ahh ..
    ini film korea terakhir yg aku nonton .. judulnya
    -101 architecture (duh tulisannya susah.. maklumlah, bahasa inggris aku jatuh bangun)
    ini gimana yah, critanya alur campur aduk gituu .. kadang masa mudanya cewek trus apa yang sekrang dialaminya.. keren sih ceritanya.. hanya.. ingat, ada hanya.. Endingnya yaampuun.. qwertyuiopoikjhgfd *silahkan tebak sendiri deh artinya*
    -trus ada lagi nih.. film lama judulnya miracle of giving fool. aduh aduh aduh.. ini genrenya blur.. ada romancenya, family, friends.. complicated deh .. sumpah kalo kakak gak nangis nonton nih film, mungkin harus ke dokter, karena hatinya lagi kecuri atau emang saraf nangisnya lagi putus..
    banyak deh film korea yg udah aku nonton .. tapi yang kesimpen di hati cuman dua itu doang .. ato mungkin kebetulan aku yang lagi lupa.. kkkkkk
    ih.. komen aku kepanjangan /ilang/

    • Hehehe rec FF nya lagi seret nih, soalnya aku lagi sibuk plus bingung nyari FF bagus buat direkom.
      Btw gimana ulangan sejarahnya? :p

      Hah nonton 3x? Hehehe doyan banget…
      Iyatuh, ngenaaa banget rasanya. Jadi ngerasa beruntung kan kita masih punya ortu lengkap :’)

      Oooohhh itu filmnya miss a suzy kan? Aku belum nonton sih, tapi denger-denger emang bagus banget :D
      kalo yang miracle of giving fool aku belum tahu dan nggak pernah denger .___.a ngoook banget yaaa~
      Iyadeh, ntar aku mau berburu film itu, siapa tahu dapet :D hehe
      Thanks udah mampir :)

  4. Masa ya 2 kali nyangsang ke blog ini, pertama waktu nyari ff baekyeol yg recommended. Eh, yg kedua kalinya ini lagi nyari kmovie recommended *curcool ><

    Setujuuu Wedding Dress emang sedih, emang cuma baru itu yg pnh ditonton hueheuheu. Mau donlot ah yang di list pertama kayaknya beneran sedih. Thx ya dearrr ^^

    Kl gue sih recomm Hello Ghost (Heartwarming Comedy istilahnya nih soalnya di awal ngakak, diakhir mewek dan ngejer TT__TT ), Sad Movie (sedih disini Shin min ah nya bisu dan jd badut), A moment to remember (ttg penyakit alzhimer gitu :( yg main Son yejin. )

    Kl chingu ada gak recomm drakor yg mirip2 Playfull Kiss? yg komedi romantis gitu? kl ada mauuu ^^

    • Ooohh iya, aku juga baru-baru ini nonton Hello Ghost. Hehehe~
      Kalo a moment to remember emang sedih sih :'( cuma ga tahu kenapa “sensasi” sedihnya itu beda aja sama A long visit, Wedding Dress, dkk. Tapi aku setuju kalo film itu top banget.

      Wah, dramkor ya?
      Banyak sih kalo itu mah, soalnya sebagian besar dramkor kan emang komedi romantis gitu modelnya. Mungkin yang aku tahu juga beberapa udah kamu ketahui. Kayak rooftop prince, coffee prince, princess hours, full house, secret garden, flower boy next the door, replay 1997, banyak deh chingu. Hehe sampe bingung aku mau nyebutinnya. Hahaha.

  5. Film werewolf boys yg bikin nangis galau bombay tujuh hari tujuh malam soalnya cuma film itu yang sudah ane tonton #plak.
    Hehheee.
    Dn bangian klimaksnya yang bikin nangis gue tambah kenceng pas bagian jong ki liat mobil itu nenek pergi #disini sudah nangis sambil sesenggukan.
    Dn bagian nangis sambil jerit kaya ditinggal mati sama pasangan hidup liat jongki main bola salju sendiri dn kata”nya bikin ane histeris.

    • Hehehe… sebenernya banyak lhoh yang lebih bikin mewek dari werewolf boys :D
      Coba deh ditonton filmnya satu-satu #maksa.

      Iya, pas dia main bola salju itu kasian banget. Sedih aja gitu, setelah puluhan tahun terpisah, terus ketemu lagi, eh ujung-ujungnya harus kepisah lagi (T__T)
      Tapi emang nggak semua cerita itu punya ahir yang bahagia :’)

  6. film korea yang bikin air mata ngalir mulu miraccle in cell no 7
    sedih terharu biru, kalau nonton ini ga nangis batu deh kayakya

  7. Wah ini postingan udah lama, aku baru baca sekarang. Baru nonton yg a long visit itu, sedih banget. Aku rekomendasi 71 into the fire. Aku gk bakal crita sinopsisnya karna aku ingin kamu cari sendiri film itu. Itu film keren dan sedih juga.

Tinggalkan Balasan

